Panduan Cara Pencairan BRI Life dengan Mudah dan Cepat

Pencairan BRI Life
Pencairan BRI Life

Pencairan BRI Life - Berbicara mengenai suatu asuransi, salah satu bank yang menyediakan kegiatan tersebut yaitu Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) yang bernama BRI Life. Berbicara mengenai BRI Life pastinya banyak dari teman-teman sekalian yang belum paham mengenai kata tersebut, oleh sebab itu saya dari admin Jagonesia akan mengulas sedikit mengenai asuransi tersebut.

Apa Itu BRI Life ?

BRI Life adalah salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yang telah dikenal banyak orang. Perusahaan asuransi ini adalah anak perusahaan dari salah satu bank terbesar di Indonesia, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Asuransi BRI Life memiliki banyak produk asuransi yang dapat mengakomodasi kebutuhan peserta asuransi. Tentunya tujuan utama dari asuransi ini adalah untuk memberikan jaminan di bidang tertentu di masa yang akan datang.

Apabila Anda merupakan peserta asuransi BRI Life dan ingin mencairkan asuransinya, maka terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Anda sebelumnya juga harus menyiapkan beberapa dokumen yang nantinya akan digunakan sebagai syarat pencarian. Anda penasaran bagaimana cara pencairan BRI Life dengan mudah dan cepat? Yuk, Simak informasi berikut ini!

Dokumen Klaim Asuransi BRI Life


Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan klaim atau pencairan asuransi BRI Life adalah mempersiapkan dokumen. BRI Life. Klaim asuransi di BRI Life dibedakan menjadi banyak jenis.

Maka dari itu, Anda harus menyiapkan dokumennya dengan tepat, sesuai klaim yang akan Anda lakukan. Berikut ini adalah dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk pencairan BRI Life berdasarkan jenis klaimnya.

Klaim Meninggal Dunia

  1. Mengisi formulir klaim meninggal
  2. Surat kematian dari Rumah Sakit (apabila meninggal di RS) dan dari daerah tempat tinggal setempat
  3. Polis asli
  4. KTP dan KK ahli waris dan tertanggung
  5. Kronologi kematian
  6. Resume medis dari fasilitas kesehatan resmi
  7. Foto copy buku tabungan

Klaim Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

  1. Mengisi formulir klaim meninggal
  2. Surat kecelakaan dari kepolisian terkait
  3. Surat kematian dari kepolisian (apabila meninggal di tempat)
  4. Surat kematian dari lingkungan tempat tinggal
  5. Polis asli
  6. KTP dan KK ahli waris dan tertanggung
  7. Kronologi kematian
  8. Resume medis 
  9. Foto copy buku tabungan
  10. KTP peserta asuransi
  11. Foto copy KK peserta asuransi atau surat keterangan ahli waris yang dikeluarkan oleh pihak berwenang

Klaim Rawat Inap

  1. Mengisi formulir klaim rawat inap
  2. Kwitansi asli atau foto copy yang dilegalisir oleh fasilitas kesehatan terkait.
  3. Bukti identitas peserta asuransi berupa KTP
  4. Surat keterangan kecelakaan dari kepolisian apabila membutuhkan perawatan akibat kecelakaan.
  5. Resume medis dari fasilitas kesehatan terkait.

Klaim Biaya Operasi

  1. Mengisi formulir klaim operasi
  2. Menyiapkan kwitansi asli atau fotokopi yang dilegalisir oleh fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, atau klinik dimana peserta asuransi menjalani perawatan di fasilitas kesehatan tersebut
  3. Menyiapkan bukti identitas berupa foto copy KTP dari peserta asuransi
  4. Mempersiapkan surat keterangan kecelakaan dari kepolisian asli apabila mendapatkan perawatan akibat kecelakaan
  5. Membawa resume medis dari rumah sakit, puskesmas, atau klinik

Klaim Rawat Jalan

  1. Mengisi formulir pengajuan klaim
  2. Mempersiapkan resume medis
  3. Menyiapkan kwitansi dan rincian biaya untuk rawat jalan
  4. Foto copy identitas KTP pemegang polis atau tertanggung
  5. Foto copy buku tabungan pemegang polis atau tertanggung
  6. Menyiapkan surat kuasa apabila pembayaran asuransi apabila diserahkan ke selain pemegang polis atau tertanggung

Langkah-Langkah Pencairan BRI Life


Pencairan BRI Life dapat dilakukan dengan mudah. Untuk melakukan pencairan, tentunya Anda harus mengikuti panduan langkah-langkah berikut ini.

1. Formulir Pengajuan Klaim kepada BRI Life


Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan pencairan BRI Life adalah mengisi formulir pengajuan klaim. Template formulir klaim asuransi dapat Anda temukan di website BRI Life https://brilife.co.id/unduh-formulir-klaim.

Di dalam website tersebut, terdapat berbagai macam formulir klaim yang harus Anda pilih dan isi sesuai dengan kondisi dan alasan klaim Anda. Setelah menemukan formulir mana saja yang Anda butuhkan dalam pencairan BRI Life, Anda hanya perlu mengunduhnya. Setelah itu, Anda dapat langsung mengisinya sesuai dengan kondisi Anda.

2. Melampirkan Berkas Persyaratan


Hal kedua yang harus Anda lakukan untuk pencairan BRI Life adalah melampirkan berkas persyaratan. Untuk melihat berkas apa saja yang dipersyaratkan, Anda dapat menyimaknya kembali di dokumen pencairan yang telah disebutkan di atas.

Dalam melampirkan berkas persyaratan, Anda juga harus mengingat bahwa berkas yang dilampirkan berbeda-beda bergantung pada kondisi dan jenis klaim yang akan Anda ajukan. Pastikan Anda melampirkan berkas persyaratan yang sesuai dengan syarat pencairan jenis klaim Anda.

3. Mengirimkan Berkas Persyaratan


Langkah ketiga adalah mengirimkan berkas persyaratan. Asuransi BRI Life memiliki dua macam produk jika dilihat dari bentuknya, yakni produk digital dan produk konvensional pada umumnya. Dengan memiliki bentuk produk yang berbeda, maka cara pengiriman berkas persyaratan pencairan BRI Life juga berbeda-beda. 

Untuk produk digital, seperti Simply Healthcare, Acci Care, Prosport & Life Care dapat mengirimkan dokumen persyaratan pencairan asuransi ke aplikasi My Life serta Mikro Digital. Cara ini tentunya sangat mudah digunakan karena yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah semua berkas persyaratannya saja. Namun, apabila Anda mengalami kendala, Ana dapat menghubungi customer service atau mengunjungi kantor pelayanan terdekat. 

Apabila Anda menggunakan produk konvensional atau non digital dari BRI Life, Anda harus mengirimkan berkas persyaratan pencairan BRI Life ke alamat yang sudah dipersyaratkan. Anda harus mengirim berkasnya melalui email BRI Life, yaknis cs@brilife.co.id. 

Selain mengirimkannya melalui email, Anda juga bisa mengirimkan berkasnya ke kantor pusat BRI Life. Kantor pusat ini berada di BRI Life Graha Irama di Jalan H.R. Rasuna Said Blok X-1 Kav 1 & 2 Jakarta 12950. Untuk mengirimkan berkas ke kantor pusat, Anda dapat menggunakan berbagai jasa pengiriman. 

4. Proses Verifikasi Pengajuan Pencairan BRI Life


Setelah Anda berhasil mengirimkan berbagai berkas persyaratan untuk pencairan asuransi, maka pihak BRI Life akan melakukan verifikasi pengajuan beras klaim. Waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi ini cukup bervariasi, namun biasanya hanya membutuhkan waktu 1 hingga 3 hari kerja saja.

5. Konfirmasi BRI Life kepada Peserta Asuransi


Untuk melakukan konfirmasi BRI Life kepada peserta asuransi dapat dilakukan setelah proses verifikasi pengajuan selesai. Anda akan dihubungi oleh pihak BRI Life untuk pembayaran asuransi. Pembayaran asuransi maksimal dibayarkan 14 hari kerja serta dana akan dikirim ke rekening peserta asuransi ataupun ahli warisnya. Apabila Anda tak kunjung mendapatkan dana, maka Anda dapat menghubungi pihak BRI Life melalui email.

Penutup


Bagaimana Pencairan BRI Life dapat dilakukan dengan mudah bukan? Untuk proses pencairannya lancar, maka persiapkan semua berkas persyaratannya dengan teliti agar tidak terjadi masalah pencairan. Apabila terdapat hal yang belum jelas terkait proses pencairan, Anda dapat langsung menghubungi pihak BRI Life melalui telepon ataupun email.

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian dalam mencari sebuah Panduan Cara Pencairan BRI Life dengan Mudah dan Cepat, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.