Cara Investasi Online Modal Kecil Bagi Para Pemula

Investasi Online Modal Kecil
Investasi Online Modal Kecil

Investasi Online Modal Kecil - Saat ini sudah semakin banyak orang yang tertarik untuk menekuni dunia investasi karena dipandang bisa memberikan hasil imbal-balik yang cukup menjanjikan. Bahkan tidak sedikit yang mulai mencari cara investasi online modal kecil agar bisa mulai melakukan aktivitas investasi tanpa harus memberatkan keuangan yang dimiliki.

Mungkin banyak diantara Anda yang berpikiran bahwa investasi merupakan kegiatan yang membutuhkan modal besar untuk menjalankannya. Hal ini memang tidak salah, namun sebenarnya Anda juga bisa mulai melakukan investasi dengan mulai menggunakan modal yang cukup kecil sebagai awalan.

Inilah Cara Investasi Online Modal Kecil Bagi Para Pemula


Seiring dengan perkembangan dunia investasi, kini banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan komoditas dengan harga relatif terjangkau sehingga semakin banyak orang yang bisa melakukan investasi. Bagi Anda yang baru ingin memulai investasi dengan modal yang kecil, berikut adalah beberapa cara dan tips yang perlu diperhatikan.

1. Memilih Perusahaan Sekuritas Yang Menyediakan Modal Terjangkau


Cara investasi online modal kecil yang pertama bisa Anda pertimbangkan adalah dengan memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan modal cukup terjangkau agar memudahkan Anda dalam melakukan dan mengelola investasi yang dilakukan.

Perusahaan sekuritas pada umumnya sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjalankan fungsinya sebagai Perantara Pedagang Efek atau Penjamin Emisi Efek. Jika ingin melakukan investasi seperti saham, reksadana, dan lainnya maka Anda bisa membuka rekening di perusahaan efek atau perusahaan sekuritas tersebut.

Setelah membuka rekening sekuritas maka Anda bisa melakukan transaksi investasi seperti melakukan pembelian saham, reksadana, dan lain sebagainya dengan lebih mudah dan juga tertata.

Jika Anda ingin melakukan investasi dengan modal yang kecil, ada baiknya jika memilih perusahaan sekuritas yang menawarkan setoran awal di bawah Rp 5.000.000 agar tidak terlalu membebani keuangan yang Anda miliki.

Selain memperhatikan modal awal setoran, pastikan juga perusahaan tersebut tidak membebankan biaya-biaya tersembunyi yang akan membuat proses transaksi investasi menjadi membengkak.

2. Investasi Online Modal Kecil Menggunakan Aplikasi Trading


Seiring dengan perkembangan teknologi, saat  ini Anda sudah bisa melakukan investasi secara mudah dengan menggunakan perangkat smartphone yang Anda miliki. Proses transaksi ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh lewat Google Play Store dan atupun juga App Store.

Lewat aplikasi online tersebut, Anda bisa melakukan trading secara online dimana pun dan kapan pun dengan mudah. Pada umumnya, ketika Anda sudah memilih suatu perusahaan sekuritas maka perusahaan tersebut juga sudah memiliki aplikasi trading tersendiri sehingga Anda bisa menggunakan sesuai dengan aplikasi dari perusahaan yang bersangkutan.

3. Rajin Memantau Pergerakan Ekonomi


Perlu Anda ketahui bahwa investasi merupakan dunia yang memiliki volatilitas tinggi. Menurut penjelasan dari akseleran, volatilitas adalah ukuran perubahan suatu harga sekuritas dalam rentang waktu periode tertentu. 

Volatilitas saham dan komoditas lainnya tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk salah satunya adalah terkait dengan isu dan sentimen ekonomi yang terjadi dalam suatu negara. Maka dari itu, sebagai investor Anda tetap perlu memantau perkembangan dan pergerakan ekonomi baik itu di dalam maupun juga di luar negeri.

Ketika Anda memantau pergerakan pasar ekonomi dan pasar saham, maka Anda bisa memperkirakan pergerakan saham dan instrumen investasi lainnya sehingga bisa memilih produk investasi dengan tepat.

Sebagai contoh, ketika kondisi pasar saham cukup stabil maka Anda sudah bisa melakukan investasi pada saham ataupun komoditas baru. Namun jika Anda melihat sentimen ekonomi sedang mengalami hal yang kurang menguntungkan, sebaiknya menahan diri untuk membeli saham baru ataupun menjual saham.

4. Pilih Produk Investasi Yang Tepat Sesuai Kondisi Anda


Cara investasi online modal kecil bagi para pemula yang berikutnya perlu diperhatikan adalah dengan memilih produk investasi yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan yang Anda miliki.

Kalau Anda mengikuti perkembangan dunia investasi, tentunya sudah mengetahui bahwa saat ini ada cukup banyak jenis komoditas investasi yang tersedia di pasaran. Mulai dari saham, emas, energi, indeks saham, dan bahkan juga Forex.

Sebelum memulai untuk melakukan investasi dengan modal yang kecil, sangat dianjurkan bagi Anda untuk bisa memilih produk investasi yang memang tepat sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Investasi saham memang menawarkan potensi imbal-balik yang cukup tinggi. Namun perlu dicatat bahwa investasi saham juga memiliki risiko yang sangat tinggi. Jadi kalau Anda termasuk investor yang ‘tidak kuat’ melihat perubahan harga komoditas secara signifikan, maka saham bukan pilihan yang tepat untuk investasi Anda.

Sebagai alternatif lain, Anda bisa melakukan investasi di komoditas lainnya seperti Reksadana ataupun juga logam mulia seperti investasi emas Antam dan lain sebagainya. Logam mulia memiliki harga yang stabil dan bahkan cenderung memiliki harga yang meningkat setiap tahunnya.

5. Berinvestasi Dalam Beberapa Instrumen Berbeda


Mengingat bahwa dunia investasi merupakan ranah yang penuh dengan volatilitas dan fluktuasi, maka tidak dianjurkan bagi para investor untuk melakukan investasi dalam satu bentuk instrumen semata.

Berinvestasi dalam satu produk instrumen cenderung memiliki risiko yang lebih besar karena jika komoditas tersebut mengalami kerugian akibat penurunan harga maka Anda bisa kehilangan semua uang yang Anda investasikan dalam instrumen tersebut.

Untuk meminimalisir hal tersebut maka salah satu cara yang direkomendasikan adalah dengan melakukan diversifikasi pada produk instrumen investasi yang Anda miliki. Diversifikasi artinya menempatkan investasi dalam beberapa produk instrumen yang berbeda sehingga potensi kerugian akibat loss harga pun bisa diminimalisir.

Sebagai contoh jika Anda tertarik melakukan investasi online modal kecil di pasar saham maka Anda bisa membeli beberapa produk saham dari beberapa perusahaan berbeda untuk melakukan diversifikasi saham investasi.

Ketika salah satu saham yang Anda miliki mengalami penutunan, maka bisa saja saham perusahaan lain yang Anda miliki tersebut mengalami kenaikan harga sehingga akan mengurangi kerugian dari investasi yang Anda lakukan.

6. Melakukan Analisis Dengan Baik


Sebagai seorang investor, sangat disarankan bagi Anda untuk terus belajar melakukan analisis terhadap berbagai hal penting yang dapat digunakan untuk menunjang investasi Anda. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui analisis saham dan komoditas investasi lainnya agar potensi kerugian bisa diminimalisir.

Ada cukup banyak hal yang dibutuhkan kalau Anda ingin melakukan analisis investasi. Mulai dari data-data perdagangan, kondisi pasaran, dan lain sebagainya. Maka dari itu, pastikan kalau Anda tidak mengabaikan berbagai fakta dan hal-hal menarik yang terjadi di pasaran karena hal tersebut bisa menjadi modal yang sangat baik bagi Anda untuk melakukan analisis.

Akhir Kata


Itulah beberapa cara investasi online modal kecil bagi para pemula yang perlu Anda pertimbangkan. Kini berbekal dengan beberapa cara dan tips yang telah disampaikan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi apabila hendak memulai investasi dengan menggunakan modal-modal yang minim dan terjangkau.

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian dalam mencari sebuah Cara Investasi Online Modal Kecil Bagi Para Pemula terbaik 2021, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.