Lebih Baik Investasi Dollar Atau Emas? Tentukan Pilihanmu Disini

Investasi Dollar Atau Emas
Investasi Dollar Atau Emas

Investasi Dollar Atau Emas - Investasi dollar atau emas yang lebih menguntungkan kerap menjadi pertanyaan banyak orang. Tidak banyak yang tahu bahwa diversifikasi investasi dollar dan emas perlu dilakukan. Hal ini berkaitan dengan nilai dollar dan emas yang saling mempengaruhi.

Karakteristik Investasi Dollar atau Emas


Berikut ini adalah beberapa karakteristik dalam sebuah dolar dan emas yang wajib untuk anda ketahui terlebih dahulu beberapa diantaranya.

1. Dollar


US Dollar merupakan salah satu mata uang terkuat di dunia. Mata uang yang diakui seluruh negara sebagai salah satu alat pertukaran nilai mata uang. Nilai dari US Dollar selalu menjadi acuan suku bunga bank dunia.

Tingginya value dari US Dollar kerap dijadikan pertimbangan alat menabung. Pilihan menabung US Dollar banyak dipilih para beberapa kelompok yang berencana melanjutkan sekolah atau tinggal di luar negeri. Konsep menabung Dollar Cost Averaging (DCA) ini untuk mengantisipasi nilai Rupiah terhadap US Dollar yang fluktuatif.

Investasi Dollar Atau Emas

Beberapa pihak lainnya memilih berinvestasi US Dollar untuk menjaga nilai inflasi rupiah terhadap valuta asing. Apakah hal ini penting? Anda dapat melihat pergerakan kurs rupiah untuk 1 US Dolar dalam 10 tahun terakhir di laman exchange rate.

2. Emas


Emas lebih banyak dikenal sebagai alat instrumen investasi saat ini. Sejarah emas sebagai alat tukar berabad-abad silam menjadikan tolak ukur kepercayaan masyarakat bahwa emas bisa menjadi instrumen investasi.

Adapun investasi yang dimaksud dalam artikel ini adalah emas logam mulia (fine gold). Emas perhiasan tidak termasuk dalam perbandingan dikarenakan adanya perbedaan biaya ongkos dan batu permata.

Investasi Dollar Atau Emas

Harga emas dunia juga sangat fluktuatif. Sebagai gambaran, berikut grafik harga emas yang dikutip dari Gold price dalam rupiah selama 10 tahun terakhir.

Waktu Terbaik Investasi Dollar Atau Emas


Fluktuasi harga emas akan berbanding terbalik dengan nilai US Dollar. Ketika kurs Rupiah terhadap Dolar sedang melemah, maka harga untuk nilai emas akan merosot. Momentum peningkatan harga dollar ini bisa anda manfaatkan untuk berinvestasi emas. Anda dapat menyerok di harga bawah.

Namun sebaliknya, jika suku cadangan bunga Amerika sedang melemah, harga emas akan terkoreksi naik. Momentum ini bisa anda manfaatkan untuk berinvestasi mengumpulkan US Dollar pada harga terendahnya.


Selanjutnya, anda juga perlu mengingat untuk momentum menjual produk investasi anda. Ketika US Dollar sedang naik, harga emas akan turun, ini lah waktu terbaik menjual dollar. Ketika US Dollar sedang turun, maka harga emas akan naik, inilah waktu terbaik menjual emas.

Teori umum di atas dapat anda terapkan tanpa mengabaikan beberapa faktor penting lainnya dalam melakukan investasi Dollar atau emas.

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Investasi Emas


1. Perhatikan Harga Beli dan Harga Jual


Sebagai contoh, jika harga emas dunia berada pada nilai Rp 800.000/gram. Biasanya di pasar emas harga beli akan dibandrol pada kisaran Rp 815.000 – 870.000/gram.Harga ini bergantung pada gramasi pada satu fisik emas batangan dan harga di masing-masing gerai.

Hal serupa juga berlaku pada harga jual. Jika harga emas dunia berada di harga Rp 800.000/gram. Maka harga yang dibandrol oleh pelaku pasar harga akan lebih rendah. Berkisar pada harga Rp 720.000 – Rp 785.000.

Hal ini mungkin akan sedikit membingungkan bagi para pemula. Namun perlu anda ketahui, bahwa pasar juga melakukan bisnis dan mencari profit. Hal tersebut sangat wajar dan banyak ditemui di lapangan.

2. Perhatikan Nilai Buy Back


Jika anda berencana berinvestasi emas, maka pastikanlah uang yang anda pergunakan bukan uang yang akan butuhkan dalam waktu dekat. Hal ini berkaitan dengan nilai buy back yang akan menjadi kerugian anda.

Dengan studi kasus harga beli dan harga jual emas sebelumnya, penggambaran kasus kerugian buyback seperti berikut:
  • Jika anda membeli emas pada harga emas dunia Rp 800.000. Anda akan menemukan harga emas dipasaran senilai Rp 820.000/gram. Lalu anda membelinya. Pada hari yang sama, anda langsung menjual kembali emas tersebut di pasar, maka harga emas anda hanya akan dinilai Rp 780.000/gram.
  • Adanya selisih harga Rp 40.000 tersebut dikatakan nilai buy back. Sehingga anda perlu menghitung  secara matang kapan harus menjual dan membeli emas.

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Investasi Dollar


1. Kenali Nilai Kurs


Dalam berinvestasi dollar point utama yang perlu anda perhatikan adalah nilai kurs rupiah terhadap dollar maupun sebaliknya. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk membeli dan menjual US Dollar.

Nilai kurs rupiah terhadap dollar dapat berubah setiap jamnya. Fluktuasinya bisa mencapai Rp 2.000 dalam satu hari. Harga real time bisa anda pantau melalui berbagai platform, salah satu yang termudah melalui google. Anda dapat mengetikan kata kunci "dollar to rupiah".

2. Metode Investasi US Dollar


Investasi dollar dapat anda lakukan dengan du acara. Anda dapat mengumpulkan fisik uang kertas US Dollar ataupun mengumpulkannya dalam bentuk saldo rekening tabungan. Kedua metode memiliki keunggulan dan resikonya masing – masing.

Jika anda berminat mengumpulkan bentuk fisik secara mandiri, anda perlu mengantisipasi nilai kerusakan uang. Jangan sampai US Dollar anda terlipat lecek dan habis masa berlakunya. Keunggulannya, anda memiliki fisik dollar yang sewaktu-waktu bisa anda pergunakan.

Jika anda memilih berinvestasi menggunakan rekening. Dollar yang anda transaksikan akan mengikuti harga yang di set oleh mitra. Ada biaya cetak dan membutuhkan waktu jika anda ingin mencairkan saldo rekening anda dalam jumlah besar. Keunggulan berinvestasi dengan metode ini, anda tidak perlu khawatir mengenai kerusakan fisik dan masa berlaku dollar yang dicetak.

3. Pilih Mitra Terpercaya


Berinvestasi US Dollar secara fisik maupun rekening, anda perlu mitra berinvestasi yang tepat. Pilihlah mitra yang mampu memberikan harga kurs mendekati harga real di pasar. Selain itu, pastikan mitra anda mengeluarkan seri US Dollar yang masih berlaku. Jangan sampai anda boncos karena memilih mitra berinvestasi yang salah.

4. Investasi Jangka Pendek Menengah


Perlu disadari bahwa investasi US Dollar sangat sulit ditebak. Pergerakan harganya sangat dipengaruhi oleh kebijakan bank sentral US dan iklim dunia. Pastikan anda sudah menentukan tujuan dan target dari berinvestasi US Dollar. Sehingga anda bisa segera mendapat profit tanpa terjebak di harga pasar.

Akhir Kata


Begitulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum berinvestasi emas dan dollar. Semoga dapat membantu  anda yang masih bingung mau investasi dollar atau emas, ya. Mengingat sifatnya yang bertolak belakang, ada baiknya anda mendiversifikasi kedua instrumen secara bersamaan.

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian dalam mencari sebuah Panduan Lebih Baik Investasi Dollar Atau Emas? dengan Mudah dan Pasti, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.