Cara Ampuh Investasi Emas di Bank Untung Banyak

Cara Investasi Emas di Bank
Cara Investasi Emas di Bank

Cara Investasi Emas di Bank - Saat ini banyak orang yang mulai mencari bank terbaik untuk melakukan investasi emas, karena harga emas dirasa cenderung mengalami kenaikan saat ekonomi lesu dan bergerak lebih dinamis saat pandemi Covid-19, sedangkan instrumen investasi lainnya seperti saham sedang merosot.

Jadi Anda pasti menghindari aset berisiko lalu memindahkan asetnya ke instrumen yang lebih cepat dicairkan secara cash. Maka dari itu, berikut adalah ulasan bagaimana cara investasi emas di bank dan dimana tempat bank yang terbaik. Simak ulasannya berikut ini.

Daftar Nama Bank Beserta Cara Investasi Emas Di Bank


Anda bisa membeli atau menabung ataupun berinvestasi yang aman melalui perbankan, karena selain faktor akses yang lebih mudah dijangkau, bank juga akan menawarkan sejumlah tawaran khusus yang menarik untuk Anda. Berikut adalah cara dan beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk berinvestasi emas di Bank.

1. Bank BNI (Bank Negara Indonesia)


Cara Investasi emas di Bank BNI dapat dilakukan melalui fasilitas BNI Emas iB Hasanah, layanan pembiayaan tersebut telah diluncurkan pada tahun 2013 yang lalu. Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan saat membeli emas melalui iB Hasanah diantaranya, Anda bisa melakukan program pembiayaan dalam jangka waktu 2 sampai 5 tahun. Maka Anda bisa membeli emas batangan dengan cara mencicilnya. Berikut adalah beberapa syaratnya yang harus Anda penuhi.
  • Anda harus berstatus sebagai pengusaha, pegawai aktif atau profesional dll. 
  • Dengan usia minimal 21 tahun sampai 60 tahun
  • Anda harus mempunyai penghasilan yang tetap
  • Menyerahkan perlengkapan dokumen seperti fotocopy KTP, fotocopy NPWP, fotocopy Kartu Identitas Pegawai

Untuk informasi lengkap cara investasi emas di bank BNI melalui iB Hasanah dapat diakses melalui web bnisyariah.co.id.

2. Bank BSM (Bank Syariah Mandiri)


Dengan program cicilan Bank Syariah Mandiri membantu nasabah dalam meraih keinginan untuk memiliki emas, yang menyediakan pembelian emas batangan minimal 10 gram dan maksimal 100 gram. Cicilan yang ditawarkan oleh BSM sangat murah yakni hanya Rp. 4000 saja per hari yang bisa dicicil selama 2 sampai 5 tahun. Sedangkan untuk uang muka yang dapat dibayarkan adalah 20% dari harga perolehan. 

Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan yaitu, emas yang sudah dibeli dapat diasuransikan, layanan terpercaya yang bekerja sama dengan PT. Antam, toko emas, tarif murah, likuid dapat dicairkan secara cash dengan cepat. Berikut adalah beberapa persyaratannya, antara lain :
  • Berkewarganegaraan Indonesia (WNI)
  • Berstatus pegawai minimal usia 21 tahun sampai dengan usia maksimal 55 tahun
  • Menyerahkan beberapa dokumen data pribadi
  • Wiraswasta profesional berusia maksimal 60 tahun. 
  • Dan pensiunan berusia maksimal 70 tahun pada saat pembiayaan jatuh tempo.

3. Bank BCA (Bank Central Asia)


Selanjutnya cara investasi emas di bank BCA selain prosesnya cepat dan mudah, Anda akan diberikan sejumlah fasilitas pembiayaan emas dengan minimal pembelian 10 gram emas dan uang maksimal Rp. 150 juta. Dan besaran uang muka adalah 10% dari harga beli emas dengan tenor 2 sampai 5 tahun. Untuk fasilitas pembelian emas dengan cara dicicil tersebut dilakukan melalui BCA Syariah iB yang menggunakan akad jual beli (murabahah). 

Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya seperti proses transaksi cepat dan mudah, pembayaran dapat dilakukan secara autodebet, dapat melakukan percepatan pembayaran setelah minimal 1 tahun sejak akad, dengan melengkapi beberapa syarat sebagai berikut.
  • Menyerahkan sejumlah dokumen seperti identitas diri seperti KTP
  • Menyiapkan bukti kepemilikan NPWP (Untuk pembiayaan lebih dari 100 juta)
  • Menunjukkan slip gaji 1 bulan terakhir atau rekening gaji 3 bulan  terakhir

Untuk informasi selengkapnya mengenai cara investasi emas di bank BCA melalui BCA Syariah iB silahkan kunjungi website berikut ini  bcasyariah.co.id.

4. Bank BTN (Bank Tabungan Negara)


Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui bahwa bank BTN juga mempunyai pembiayaan emas yang melalui BTN Emas iB. Pada program tersebut Anda bisa mencicil emas dengan setoran awal sejumlah Rp. 100.000 atau. Atau dengan cara melakukan setoran rutin BTN Emas iB mulai dari Rp. 10.000 dan untuk setoran manual sejumlah Rp.50.000 untuk autodebet. Selain itu jika Anda akan mendapatkan keuntungan antara lain, bebas biaya administrasi, bisa bagi hasil yang kompetitif, tersedia juga layanan gadai emas. Berikut persyaratan yang harus dilengkapi. 
  • Syarat pertama Anda harus memiliki rekening tabungan di BTN Batara iB atau Tabungan BTN Prima iB atau Giro BTN iB atau Giro BTN Prima iB sebagai rekening induk
  • Melengkapi dokumen data diri seperti KTP, SIM, atau Paspor
  • Jika Anda masih seorang pelajar maka Anda harus menunjukkan Kartu Pelajar atau bisa surat pernyataan dari orang tua bagi nasabah di bawah 17 tahun. 
Untuk informasi selengkapnya Anda cara investasi emas di Bank BTN bisa diakses melalui web berikut ini btn.co.id.

5. Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)


Selanjutnya cara investasi emas di bank bisa dilakukan di salah satu bank besar di Indonesia yaitu pada Bank BRI Syariah yang menyediakan fasilitas cicilan emas dengan akad Murabahah.  Lalu Anda akan diberikan plafon pembiayaan emas minimal Rp. 3,5 juta dan maksimal Rp.150 juta. Untuk jangka waktu pembayaran Anda bisa mencicil selama 2 sampai 3 tahun untuk pembiayaan kurang dari Rp. 15 juta, sedangkan untuk pembiayaan Rp. 15 juta keatas bisa mencicil selama 2 sampai 5 tahun.  

Berbeda dengan bank lainnya, pada BRI Syariah menetapkan uang muka Rp. 20% untuk emas batangan Antam dan Non- Antam, sedangkan untuk emas perhiasan akan dikenakan uang muka 30%. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi.
  • Harus berkewarganegaraan Indonesia
  • Harus memiliki rekening di Bank BRI Syariah 
  • Termasuk seorang pegawai dengan masa kerja sudah lebih dari 2 tahun
  • Termasuk Kalangan profesional terbatas hanya pada profesi kesehatan seperti Dokter, Dokter spesialis, atau bidan.
  • Untuk pengusaha atau wiraswasta usahanya harus masih aktif dan minimal sudah berjalan selama 5 tahun 
  • Harus memiliki hasil track record BI Checking dan DHBI lancar atau clear.
  • Dan dokumen yang wajib disiapkan antara lain dokumen data diri fotocopy KTP dan pasangan jika sudah menikah
  • Fotocopy KK
  • Fotocopy surat nikah jika sudah ada
  • Wajib membawa NPWP jika pinjaman lebih dari 100 juta 
  • Membawa Surat keterangan pekerjaan atau SK pengangkatan
  • Menyertakan slip gaji
  • Dan beserta fotocopy rekening tabungan.

Akhir Kata


Sebelum melakukan Cara investasi emas di bank Anda harus memperhatikan beberapa tips untuk berinvestasi diantaranya adalah dengan mengecek legalitas izin dari platform bank tersebut, jangan lupa untuk membeli di harga murah dan menjualnya pada harga tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian dalam mencari sebuah Cara Ampuh Investasi Emas di Bank Untung Banyak terbaik 2021, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.